Pemimpin atau bos? #nasib bawahan

Bos dengan pemimpin. It’s rather bothering me. why? karna kayaknya sama, tapi kayaknya juga beda….

sekali lagi ini hanya sekedar curhatan gw aja, sekedar pengamtan gw dan sekidiiiit banget sumber yang berasal dari studi tertentu. So.. sifatnya cuman untuk share aja. 

Menurut kebahasaan niih

Arti Pemimpin : Menurut Miftha Toha Dalam buku Perilaku Organisasi “Pemimpin adalah seseorang yang memiliki kemampuan memimpin, artinya memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain atau kelompok tanpa mengindahkan bentuk alasannya.”

Menurut Kartini Kartono “Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan khususnya kecakapan dan kclebihan disatu bidang, sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu, demi pencapaian satu atau beberapa tujuan.”

Arti Bos : Menurut artikata.com “orang yg berkuasa mengawasi dan memberi perintah kpd para karyawan; pemimpin atau majikan (dl perusahaan)”

Yang satu “memiliki kemampuan” sedangkan satu lagi adalah “berkuasa dan memberi perintah”, keliatan ya bedanya? 

Berpindah-pindah tempat kerja lebih dari 3 kali bikin gw jadi agak bisa memahami perbedaan dua tipe manusia macam di atas. Baru sekali aja sampe saat ini gw menemukan pimpinan perusahaan yang benar-benar punya kemampuan sebagai pemimpin bukan bos. Selebihnya, gw kerja melaksanakan tugas sebagai bawahan dengan baik, dan pimpinan bertugas sebagai bos yang SEMPURNA. 

Ga sekali dua kali gw mendapati pimpinan galau. Kenapa gw sebut galau? iyaalaaah,,, untuk mencapai target suatau pekerjaan, perusahaan mengadakan rapat pleno di awal sebuah proyek, di sana kita bahas semua sampai dengan kemungkinan yang tidak mungkin telah diputuskan, itulah fungsi sebuah rapat pleno ato rapat perencanaan. Di tengah proses berjalannya proyek, keputusan- keputusan yang di Pleno itu cenderung tidak dijalankan dan pimpinan justru mengambil keputusan baru TAPI lupa mempertimbangkan faktor-faktor yang telah terjadi sebelumnya. Bingung yaa? sama gw juga bingung…. but, Let me try to explain this to you:

Contoh kejadian : Di sebuah rapat perencanaan pasti sudah dirancang segala kemungkinan yang terjadi selama proyek, nah,, biasanya sudah ada tabel-tabel kemungkinannya, misal A maka Z, misal B maka Y, misal A+B maka W. seeeemuanyaaa,,,,, ada tuh teori-teori pengambilan keputusan dalam proyek berdasarkan pengalaman dan studi dll yang ga akan gw bahas di sini. 

Kenyataannya, saat proyek berjalan, ketika ada kejadian A+B, pimpinan tidak bisa memutuskan untuk menjalankan W. Kalo ada kalian yang berkomen, “Pimpinan pasti tau lah apa yang terbaik, mungkin ada faktor lain yang sangat penting jadinya ga bisa ngambil keputusan W”. Okee… kalo emang alasannya sangat krusial, dan memang berpengaruh terhadap jalannya proyek, bawahan pasti bisa menerima hal tersebut. Tapi gimana kalo ternyata lu harus menghadapi kenyataan, keputusan itu diambil hanya karna hal sepele? Faktor luar yang menyebabkan keputusan itu tidak bisa diambil terkadang terkesan bersifat pribadi dan menguntungkan pimpinan. #sakitnya nasib bawahan.

Inilah yang gw bilang, pimpinan galau. Seorang pimpinan seharusnya sanggup konsisten terhadap perbuatan, perkataan, dan keputusan yang telah dy ambil. Balik lagi gw bertanya-tanya, itu pemimpin ato bos?

Ada daftar pertanyaan yang pengen gw share ke semua, yang selama ini bergelayut di otak gw.

  1.  Ketika pimpinan menentukan target sendiri atas perusahaannya dan dy menyerahkan tanggung jawab pelaksanaan dan pencapaian target itu kepada bawahannya, dia pemimpin ato bos?
  2. Seorang pimpinan mendengar kabar dari orang lain bahwa salah satu karyawan nya bersikap tidak sopan dengannya, tanpa pikir panjang, sang pimpinan menelepon bawahannya dan memaki-makinya melalui telepon. Pemimpin ato bos?
  3. Seorang pimpinan mendengar kabar dari orang lain bahwa salah satu karyawan nya bersikap tidak sopan dengannya, sang pemimpin memohon maaf kepada orang lain ini, menghubungi HRD untuk memanggil karyawan yang bersangkutan, menanyakan kronologi kejadian, mengambil keputusan. Pemimpin ato Bos?
  4. Membuat suatu keputusan yang mengekang bawahan, tapi tidak memberikan kompensasi dan kemudahan apapun bagi karyawannya. Pemimpin atau Bos?

aaaah… masi banyak pertanyaan – pertanyaan yang ada di otak gw, >.<!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: