Kerja atau Dagang? It’s DEFINITELY your choice (2)

lanjut…. Kerja atau Dagang? It’s DEFINITELY your choice (1) baca ini dulu yaaa… gamau juga ga apa-apa siih,, ehehe, kalo bingung, pegangan aja… 

  • Dagang OR Wirausahaaa?

di yang kedua, gw akan bahasa mengenai DAGANG. Dagang itu jualan, eiitttsss jangan salaah, jaman sekarang iniii jangan kudeet yak, dagang itu harus penuh inovasi dan kreativitas sehingga membentuk kata kata baru yang biasa disebut dengan wirausaha.. Terdapat perbedaan yang mendasar dari dagang dan wirausaha. Dagang itu hanya proses penjualan barang menuju konsumen akhir sedangkan wirausaha adalaah… let’s get wikipedia,, =) “adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.” In my Own opinion, Dagang artinya kita ngejual barang yang kita punya untuk menghasilkan keuntungan, sedangkan wirausaha adalah memadukan skil berdagang dan kreativitas guna terciptanya titik temu antara produk/jasa yang kreatif dan dicari masyarakat sehingga menghasilkan profit yang maksimal. Naah.. sekarang gw akan bahas Kewajiban dan Hak yang kita dapatkan kaloo kita ber wirausaha.

Kewajiban seorang wirausahawan (jiaah,, bener ga sih?

  1. Kreatif. iyaa doong.. kalo ga kreatif ya lu mentok di dagang, orang dagang aja kalo ga kreatif, dagangannya pasti yang laku segitu gitu aja. Mau bukti? Tuuh Di pasar banyak yang jualan ikan,, malah satu blok pasar itu dagang ikan semua, tapii pada laku kaan? tiap tiap pedagang selalu habis kan barang dagangannya? kenapa? kaaaarnaa pedagang itu kreatif menawarkan harga ato spesifikasi ikan, tingkat kesegaran, besar kecil ikan, jenis ikan, sampee mereka juga kreatif membujuk kostumer untuk berlangganan ama dia. that’s why,, meskipun banyak yang jualan ikan di situ, tetep aja laku,, so BE CREATIV is a must!
  2. Mandiri. yaaaps… kudu mandiri lu,, kalo lu mau wirausaha tapi kemana mana masi nunggu orang buat nganteer yaa,,, keduluan yang laen deh.
  3. Paham betul dan sadar akan TARGET. Iyaa.. wajib itu, semua tentag wirausaha itu berhubungan dengan target. Target pasar dagangan kita, target kualitas hasil produksi/jasa, target pendapatan, target pengembangan usaha, semuaaa nya harus berorientasi TARGET.
  4. Mental yang kuat. Why? Karena untuk jadi wirausaha banyak tantangannya, ga cuman dari diri sendiri, orang terdekat lu mungkin juga ga akan mendukung langkah lu untuk berwirausaha, belom lagi saingan bisnis lu, belom lagi kalo target ga sesuai, belom lagi kalo di awal awal wirausaha lu akan jatuh bangun menghadapi perputaran dunia.

ada yang mau nambahin? monggoooo…..

Setelah menunaikan kewajiban lu pasti akan mendapat hak dooong,,,, naaah hak dari seorang wirausaha adalah sebagai berikut :

  1. lu akan dapet Profit. Jelas! kalo lu usaha tapi ga ada profit buat apa? sama seperti kerja dapet gaji, usaha juga dapet profit. Segimana gede profit yang lu dapet? ya sesuai dengan gimana lu menjalankan usaha lu,, sesuai target yang lu buat sendiri.
  2. Relasi. Dengan usaha, lu ga akan bisa kerja sendiri, mau ga mau lu dituntut untuk bergaul dengan orang, mau itu mitra bisnis lu, pemodal, bahkan sampe kustomer. Kalo lu usaha tapi ga pernah ngobrol sama kustomer lu,, hati-hati,,, kustomer adalah komponen paling penting dalam usaha. tanpa kustomer, pemodal ga akan datang…
  3. Wawasan yang luas. Apakah orang yang kerja ga berwawasan luas? Bukan begitu guys.. tapi gini,, sebagai wirausaha, lu harus belajar membaca keinginan pasar, membaca kira-kira arah perekonomian kemana, mambaca kondisi daya beli suatu wilayah, mampu membaca kebutuhan dari pasar. Karena itu kita berhak untuk mendapat wawasan yang luas. Seorang wirausaha lebih bisa membaca potensi daripada seorang pekerja
  4. Kepuasan dalam mencapai sesuatu. sebagai wirausaha, lu berhak dapet itu,, tapiii,,, jangan cepet puas, karna selalu akan ada langit di atas langit bukan?

Gimana dengan tunjangan, bonus, pensiun? Sorry guys, You won’t get that. Sebagai makhluk mandiri yang memutuskan untuk berwirausaha, ga akan ada yang ngasi lu itu, lu HARUS cari sendiri. Wirausahawan kudu pinter ngebagi profitnya untuk asuransi kesehatan, jaminan masa tua, dan mencetak bonus sendiri. Sebagai makhluk mandiri, seorang worausahawan akan mampu melakukan itu semua.

So guys, what will you choose? Dagang ato wirausaha? jangan buru – buru memutuskaaan,,, googling aja duluuuu,,,, =) cari referensi lain. Tulisan ini kan cuma berdasarkan opini gw dan pasti masi banyak kekurangan. yang mau nambahin, feel free to comment yaa…

Jangan buru buru mutusin, tulisan gw ini kayaknya masi bakal panjang, why? because there will be the next episode dari materi ini,, (halaaaah.. sok inggris banget gw). Next tentang kelebihan dan kekurangan dari dagang dan wirausaha.

See you in my next story!!.. =) thankx for reading

(to be continued)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: