Kisah Sebagai Ibu Muda

Start blogging agaaiin…

Gw lagi pengen nulis tentang pergaulan anak muda jaman sekarang nih… Kan akhir” ini lagi rame”nya kasus dibuangnya bayi sama murid baru SMA negeri 12 Surabaya, kebetulan gw juga orang surabaya dan pengen sharing” cerita aja sih.. mudah-mudahan bisa jadi pelajaran buat temen” yang lain…

here we go..

Kisah Sebagai Ibu Muda


bunda

Ini adalah cerita nyata yang gw ambil dari kisah kehidupan nyata temen gw. Sebut aja temen gw Putih. Gw sahabatan sama Putih sejak awal gw masuk smp. Awal persahabatan kami dimulai dari naik angkot bareng. Setelahnya, kita sering pulang bareng, berbagi keceriaan dan kesedihan bareng, berebutan pacar bareng (hehehe). Beranjak ke kelas 3 kita mulai disibukkan dengan segala macam persiapan ujian sekolah dan persiapan masuk SMA. Mama gw yang selalu punya targetan tinggi buat gw, ngebuat gw sibuk belajar, sampai-sampai ga punya banyak waktu buat sekedar cerita-cerita lagi sama Putih. Berawal dari sini lah kisah dia dimulai. Putih punya seorang pacar sebut saja Biru. Saat itu, Putih sedang dekat dengan teman cewek sekelasnya, sebut saja Hijau. Biru dan Hijau juga berteman. Mereka bertiga sering berkumpul bersama di rumah Hijau. Suatu saat, Putih sedang maen ke rumah hijau, saat itulah dia dikenalkan dengan suaminya sekarang, Hitam. Di awal pertemuan mereka saja, kesalahan sudah membayangi mereka. Entah ada bisikan setan dari mana, mereka sudah berani berciuman di awal pertemuan mereka. Awal SMA pun dimulai. Gw sangat disibukkan dengan urusan tetek bengek tentang persiapan masuk sekolah baru. Kabar udah ga lagi gw dengar dari Putih. Pada satu waktu, gw lagi pulang sekolah, dan ketemu dia lagi nongkrong di depan Masjid Agung Surabaya, maklum, SMA gw deket sama tempat itu. Waktu itulah gw dikenalin sama Hitam, cowok yang saat itu resmi jadi cowoknya. Pertemuan gw singkat dan ga banyak kabar gw denger dari dia. Hal yang gw ga nyangka adalah beredar kabar ga enak dari temen" SMP gw kalo dia hamil. Karena penasaran, gw pun menyempatkan diri untuk berkunjung ke rumahnya. Saat itulah gw tahu fakta yang sebenernya, kalo temen gw itu udah punya anak. Dia pun akhirnya bercerita, " Kesalahan emang uda gw perbuat, Gw juga takut ngadepin semua ini. Waktu, ortu gw tau, ortu gw nyuruh untuk ngegugurin anak yang ada di dalam perut gw. Semua uda disiapin, dokter uda booked, taksi uda nunggu, tapi gw ga mau nambah dosa lagi buat ngebunuh anak ini. Gw akan ngurus anak ini. Awalnya orang tua sangat marah sama keputusan gw. Tapi akhirnya, gw pun dinikahkan sama Hitam sampai akhirnya anak ini lahir. Gw kehilangan masa muda gw, tapi ini harus gw hadapi. Mungkin ini emang takdir dan cobaan di keluarga gw. " Gw salut sama kegigihan temen gw ini. Meskipun dia udah ngelakuin kesalahan, dia ga lagi nambah dosa dengan ngebunuh daarah dagingnya sendiri. Cerita ga berhenti sampai sini. Karena Putih&Hitam adalah pasangan muda, mereka pu tidak lepas dari konflik. Tidak jarang di antara mereka masih ada yang suka bermain-main dengan lawan jenis. Gw sangat maklum dengan keadaan ini, mengingat mereka berdua masih belum siap untuk mengarungi hidup rumah tangga. Tapi temen gw ga pernah nyerah untuk menjalani kehidupannya. Dia pun ikut ujian persamaan SMA dan mencoba untuk bekerja demi membeli susu bagi buah hatinya. Tidak berhenti dia berusaha mandiri dan menumbuhkan kedewasaan bersama sang suami dan anaknya. Orang tua mereka pun sekarang sangat menyayangi cucu mereka. Keduanya sedang berusaha hidup mandiri dengan bekerja walaupun untuk saat ini mereka masih tinggal dengan orang tua.

deeandaliciouser, gw bener-bener ngerasa bersalah sama Putih, karna gw g bisa jadi temen yang baik buat dia. Gw bener” salut dengan keberanian dia bertanggung jawab atas perbuatannya.

Gw tau, pergaulan anak muda jaman sekarang lebih mengarah ke pergaulan bebas, tapi inget deeandaliciouser setiap perbuatan pasti akan dimintai pertangungjawaban. Selagi kalian masih punya pilihan, pergunakan pilihan kalian sebijak mungkin. Pilih jalan kalian yang baik, jadilah orang yang berguna setidaknya bagi diri kalian sendiri.

Di saat kalian tau kalian berada di jalan yang salah, segeralah ingat Allah SWT.  ingatlah orang tua kalian yang sudah begitu banyak menghabiskan peluh hanya untuk membahagiakan kalian. Nyokap gw selalu ngingetin biar gw ga nyakitin hati beliau.

aku sayang mama...

Belajarlah bertanggung jawab teman”,  jangan hanya mau enaknya saja. Cobalah berpikir sedikit lebih jauh ke depan tentang sebab akibat serta balasan atas perilaku kalian. Anak adalah titipan Allah SWT. banyak orang di luar sana mengharapkan kehadiran malaikat mungil ini sebagai oase di kehidupan rumah tangga mereka.Hanya orang” kejam dan tidak punya hati lah yang tega membunuh malaikat kecil tak berdosa ini (sayangnya di Indonesia banyak orang seperti ini). Mudah-mudahan cerita ini dapat menjadi pelajaran untuk kita semua agar menjadi oang yang lebih baik. Amin.

bayi yang lucu

bayi adalah titipan Allah SWT.

nb: cerita ini udah dapet persetujuan dari temen gw. Thx to Putih.

2 thoughts on “Kisah Sebagai Ibu Muda

Leave a Reply

