jadi backpacker ke jogja 1

Naaah.. sekarang gw mau cerita pengalaman gw waktu jadi backpacker ke jogja…

* Keberangkatan
Rencana awal, gw sama temen gw itu mau berangkat jam 4
karena kita mau ngejar kereta Pasundan (Bandung-Surabaya
melalui Jogja dengan harga tiket waktu itu sebesar 48000).
Kesalahan yang kita buat waktu itu adalah, bukannya tidur
lebih awal biar bisa bangun lebih pagi, eeh.. kita malah
jalan" ampe sekitar jam3 (maksudnya sih biar g kesiangan).
Alhasil waktu kita pulang ke kosan masing", temen gw
itu ketiduran, dan akhirnya kita ketinggalan kereta
yang harusnya berangkat jam 5.45.
Gw dah sebel banged tuh sama dia , ada rasa pengen
ngebatalin aja rencana backpacker-an ini, tapi gw tetap
berpikir diingiin..(ciyeee..). Akhirnya gw minta
pertanggungjawaban temen gw buat mikirin enaknya kita
pergi naik apa biar bisa nyampe jogja malem. Temen gw pun
langsung mencari info kereta apa yang sesegera mungkin
berangkat ke Jogja.
Ada 2 alternatif nih deeandaliciouser,
-yg pertama
naik kereta yang transit dulu ke kroya (gw lupa nama
keretanya apa, harga tiketnya kalo ga salah 29000) setelah
di kroya transit naik kereta yang langsung tujuan Jogja.
Kereta ini berangkat jam 13.00, jadi perhitungan dia kalo
tepat waktu kita bisa nyampe sana paling malem jam 11
(bandung-jogja + 8-10 jam)
-yg kedua
naik kereta kahuripan jam 20.00, nyampe Jogja pagi.

Atas dasar pertimbangan yang ada, akhirnya kita memutus-
kan untuk ambil opsi pertama(biar bisa istirahat dulu).
Gw pun langsung sms temen gw yang di jogja namanya Mdan,
buat nyariin gw tempat nginep (alhamdulillah ada).
Berangkat lah gw dari kosan jam 9 biar bisa beli makanan
ringan dulu. Setelah beberapa waktu menunggu, kereta pun
berangkat. Yang kita berdua khawatirkan saat itu adalah,
gimana kalau nih kereta nyampenya telat trus kita ga da-
pet kereta transit. Ga berhenti tuh sepanjang perjalanan
kita berdoa.
Pas nyampe Kroya, bener deeh firasat kita
berdua.. tuh kereta udah berangkat beberapa menit yang
lalu. Deng..deng..!!!
Pusing deh gw, Kereta baru ada jam2
yaitu kereta kahuripan, tau gitu kan naik kahuripan aja.
Akhirnya kita memutuskan untuk mikir dulu sembari sholat.
Setelah nyari2 info cara termudah dan termurah untuk ke
Jogja, akhirnya kita mutusin buat naik bis aja, lebih he-
mat. Tanpa pikir panjang kita pun memutuskan jalan kaki
mencari teminal bis yang akan ke jogja(karena kalo naik
ojeg lagi makin mahal lagi dan budgeting berangkat gw
maksimal 50ribu.) Jalanlah gw ke tempat yang disebut war-
ga sekutar Jl Buntu. Perjalanan ke tempat itu sekitar 7km
ngelewatin jalan raya besar yang gelapnya naudzubillah..
untunglah gw uda persiapan bawa senter.
Setelah jalan +7km, nyampelah kita di tempat berhentinya
bis ke Jogja. Karena capek, kita istirahat dulu di angkri-
ngan pinggir jalan, makanannya murah lah..
Setelah tawar"an harga bis, kita dapet bis dengan harga
23rb (kalo ga salah, krn perjalanan ini uda 5 bulan yang
lalu) nyampe lah kita di terminal Giwangan dan tinggal
nunggu temen gw buat ke penginapan. Ongkos ojek ke
penginapan 10rb. Penginapan gw ada di deket stasiun Tugu
dengan harga 50rb/malem. Karena uda capek, gw memutuskan
istirahat dulu dan g lupa bilang makasih ke Mdan.
Kalo diitung-itung, budgeting berangkat gw
- Kereta ke kroya 29rb
- Bis 23rb
- ojek 10rb
total 62rb (kelebihan 12rb dari target gw..)
Perjalanan tidak direkomendasikan, lebih baik anda naik
kereta Pasundan atau Kahuripan saja, bisa menghemat 10rb.
bersambung....
klik di sini 2
untuk tips jadi backpacker klik di sini

One thought on “jadi backpacker ke jogja 1

  1. Pingback: jadi backpacker ke jogja 2 | Deeandalicious's Blog

Leave a Reply

